Logo Bloomberg Technoz

Houthi Siapkan Kejutan Militer di Laut Merah

Redaksi
01 March 2024 20:10

Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)
Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemimpin Houthi Yaman, Abdul Malik al-Houthi, mengatakan dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi pada Kamis bahwa kelompok yang bersekutu dengan Iran tersebut akan memberikan "kejutan" militer dalam operasi-operasi mereka di Laut Merah.

"Operasi militer kami akan terus berlanjut dan maju dan kami memiliki kejutan-kejutan yang tidak akan diduga oleh musuh-musuh kami," kata al-Houthi, melansir Reuters, Jumat (1/3/2024).

Militan Houthi telah berulang kali meluncurkan pesawat tak berawak dan rudal terhadap pelayaran komersial internasional sejak pertengahan November, dengan mengatakan bahwa mereka melakukan itu sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina terhadap aksi militer Israel di Gaza.

Serangan-serangan di Laut Merah telah mengganggu pelayaran global dan memaksa perusahaan-perusahaan untuk mengubah rute perjalanan yang lebih panjang dan lebih mahal di sekitar Afrika selatan dan memicu kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas dapat menyebar dan mengacaukan kestabilan di Timur Tengah yang lebih luas.

Amerika Serikat dan Inggris mulai menyerang target-target Houthi di Yaman bulan lalu sebagai pembalasan atas serangan-serangan terhadap pelayaran Laut Merah.