Logo Bloomberg Technoz

Sentimen Negatif Pemicu Tragedi Bank AS, Akankah RI Tertular?

Tara Marchelin
16 March 2023 20:50

Kantor pusat Silvergate Bank di La Jolla, California, AS. (Ariana Drehsler/Bloomberg)
Kantor pusat Silvergate Bank di La Jolla, California, AS. (Ariana Drehsler/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Setelah Silicon Valley Bank (SVB), dua bank di Amerika Serikat (AS)—yaitu Silvergate Capital Corp dan  Signature Bank—juga ikut mengalami kejatuhan.

Terkait dengan hal ini, Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) David Sumual menilai jatuhnya dua bank tersebut diakibatkan oleh sentimen negatif dari SVB. 

“Ada kekhawatiran flight to quality ke bank-bank yang dianggap lebih kuat di sana [AS] sehingga dana masyarakatnya pindah,” ungkap David saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (16/3/2023). 

Dari sisi permodalan, menurut David, Silvergate Capital Corp dan Signature Bank sebenarnya masih memiliki rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) yang positif. Namun, mereka terdampak sentimen negatif terhadap bank regional di Negeri Paman Sam.

“Sejauh ini sudah bisa dilokalisasi oleh The Fed [Federal Reserve]  dengan term funding program. Harapannya  itu bisa jadi menanggulangi masalah mismatch antara likuiditas dan liabilitasnya yang terjadi di sana. Ini sebenarnya hal mendasar, tetapi mereka sepertinya tidak menduga The Fed menaikkan suku bunganya demikian cepat,” jelas David.