Logo Bloomberg Technoz

Powell: Fed Perlu Yakin pada Inflasi buat Pangkas Suku Bunga

News
07 March 2024 07:00

Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)
Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Craig Torres dan Katanga Johnson - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Jerome Powell menegaskan kepada anggota parlemen bahwa bank sentral AS tidak terburu-buru untuk memangkas suku bunga sampai para pembuat kebijakan yakin bahwa mereka telah memenangkan pertarungan melawan inflasi.

Dalam kesaksiannya di depan panel DPR pada Rabu, Gubernur The Fed mengatakan bahwa kemungkinan akan tepat untuk memulai biaya pinjaman yang lebih rendah "pada suatu saat di tahun ini," tetapi menegaskan bahwa para pejabat belum siap.

Pernyataan tersebut menggemakan pesan yang konsisten dari hampir semua pejabat Fed dalam beberapa minggu terakhir: Perekonomian dan pasar tenaga kerja kuat, yang berarti para pembuat kebijakan memiliki waktu untuk menunggu lebih banyak bukti bahwa inflasi sedang menuju kembali ke tujuan mereka sebelum menurunkan suku bunga.

"Komite tidak berharap bahwa akan tepat untuk mengurangi kisaran target sampai mendapatkan keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%," kata Powell kepada Komite Jasa Keuangan DPR, dan kemudian menambahkan bahwa para pejabat akan mengambil keputusan dengan "hati-hati dan penuh pertimbangan."