Logo Bloomberg Technoz

Skema Penyusunan APBN Saat Transisi Jokowi ke Prabowo

Azura Yumna Ramadani Purnama
06 March 2024 16:10

Staff Khusus Kemenkeu bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Staff Khusus Kemenkeu bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 telah memasuki tahap awal perencanaan. Seperti diketahui, transisi kepemimpinan presiden akan berlangsung pada 20 Oktober 2024.

Staf Khusus Menteri Keuangan (Kemenkeu) bidang Komunikasi Yustinus Prastowo menjelaskan, penyusunan awal RAPBN 2025 tengah dijalankan pemerintah, sembari menunggu hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang nantinya diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Maka sambil menunggu hasil Pemilu melalui penetapan oleh KPU, pemerintah melakukan proses penyusunan RAPBN 2025 sesuai ketentuan,” tulis Prastowo dalam akun resmi X miliknya, dikutip Rabu (6/3/2024).

Prastowo mengatakan, penyusunan APBN 2025 bertepatan dengan transisi pemerintah. Menurutnya, kondisi tersebut serupa dengan tahun 2014, di mana terjadi transisi pemerintahan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto resmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman. (Instagram @prabowo)

Ia menjelaskan, penyusunan APBN telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Peraturan Nomor 17 Tahun 2017, penyusunan tersebut juga rutin dilakukan oleh pemerintah setiap tahun.