Logo Bloomberg Technoz

"Langkah-langkah yang diambil harus meyakinkan bahwa dampak terhadap sektor dapat diatasi, namun situasinya tetap tidak pasti," kata Anke Reingen, Analis RBC Capital Market.

Saham Credit Suiss naik 31% menjadi 2,22  francs  pada 09.06 pagi tadi di Zurich. UniCredit SpA, Banco Santander SA, Deutsche Bank AG, dan Société Générale SA menjadi gainers terbesar di Eropa.

Sebagai tanda meredanya ketegangan di pasar utang, crossover pada iTraxx yang merefleksikan biaya pengasuransian perusahaan-perusahaan peringkat rendah di Eropa terhadap default, mengalami penurunan terbesar dalam tiga bulan di awal perdagangan. Sementara itu, credit-default swap 1 tahun Credit Suisse mengalami pengetatan sebanyak 448 basis poin ke  2967 basis, berdasarkan data CMAQ pada pukul 07.50 waktu London.

Sumber: Bloomberg

Sementara itu, para pelaku pasar akan menyaksikan pengambilan keputusan kebijakan moneter oleh Bank Sentral Eropa pada 14:15 waktu Frankfurt. Rencana ECB untuk menaikkan suku bunga setengah poin telah menimbulkan pertanyaan pasca gejolak perbankan di Amerika Serikat (AS) pekan lalu,  dan masih berlanjut dengan krisis Credit Suisse.  

Bloomberg Economics berharap agar dewan pengurus Bank Sentral lebih berhati-hati dari sebelumnya.

(bbn)

No more pages