Logo Bloomberg Technoz

KTP Jakarta Bakal Dinonaktifkan: Panduan Ubah NIK Warga Luar DKI

Mis Fransiska Dewi
06 March 2024 06:50

Ilustrasi KTP (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi KTP (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi Taufiq Rahmat Hidayat membeberkan langkah-langkah dalam menonaktifkan KTP milik warga DKI Jakarta yang sudah tidak lagi berdomisili di Jakarta bagi warga Kota Bekasi. 

Taufiq menjelaskan, bagi warga Kota Bekasi yang merasa menjadi warga DKI dapat mengurus surat keterangan pindah KTP dengan mempersiapkan kartu keluarga serta KTP melalui mekanisme yang telah disusun bersama dengan pemerintah DKI Jakarta.

Pelayanan dilakukan dengan mekanisme layanan one stop service. Namun pelayanan one stop service tersebut dilakukan di wilayah asal penduduk yaitu Kelurahan DKI Jakarta karena terdapat pengisian berita acara dalam kegiatan tersebut. 

“Jadi nanti dari Bekasi semuanya terintegrasi dengan Disdukcapil DKI Jakarta setiap penduduk tinggal mengambil hasilnya di satu tempat,” kata Taufiq saat dihubungi, Selasa (5/3/2024). 

Terkait proses penonaktifan KTP oleh Pemprov DKI Jakarta, kata dia, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada warga di Kota Bekasi melalui kanal media sosial.