Logo Bloomberg Technoz

Bursa Eropa Terpengaruh Rilis Ekonomi China, Dibuka Terkoreksi

News
05 March 2024 16:00

Ilustrasi bursa Eropa.
Ilustrasi bursa Eropa.

Richard Henderson - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham berjangka AS dan Eropa turun sementara indeks Asia beragam pada Selasa (05/03/2024) dipicu perilisan target pertumbuhan ekonomi dan stimulus baru China untuk mendorong ekonominya mendapat respons yang kurang memuaskan dari para investor.

Kontrak untuk S&P 500 turun sekitar 0,3%, sementara Nasdaq 100 turun 0,5%, melanjutkan penurunan kedua indeks tersebut semalam. Kontrak berjangka saham Eropa juga sedikit melemah. 

Di Asia, indeks acuan China sedikit lebih tinggi dalam perdagangan fluktuatif. Sementara Indeks Hang Seng Hong Kong turun, terbebani oleh saham teknologi. Di tempat lain di Asia, saham Jepang naik, sementara indeks Australia dan Korea Selatan turun.

Sejumlah pengumuman dari Kongres Rakyat Nasional China di antaranya termasuk target pertumbuhan ekonomi 5%, target pengangguran perkotaan 5,5%, target inflasi 3%, dan langkah-langkah untuk mendukung ekonomi yang terhambat oleh penurunan properti dan deflasi yang mengakar. Indeks CSI 300 bergerak antara naik dan turun, mencerminkan kekecewaan pasar atas kurangnya langkah fiskal besar-besaran.