Logo Bloomberg Technoz

"Secara keseluruhan, menurut saya ini mungkin lebih mengecewakan berdasarkan pengumuman sejauh ini," kata Xin-Yao Ng, direktur investasi di abrdn. "Investor masih menginginkan langkah fiskal yang lebih kuat untuk mendorong ekonomi."

Langkah-langkah lain yang disebutkan oleh para pemimpin China pada pertemuan parlemen tahunan di Beijing termasuk peningkatan pengeluaran pertahanan sebesar 7,2%, yang terbesar dalam lima tahun.

Perdana Menteri China tidak akan mengadakan konferensi pers agar investor dapat mempelajari lebih lanjut tentang arah kebijakan, yang bertentangan dengan kebiasaan baru-baru ini. Hal ini dapat merusak kemampuannya untuk meningkatkan kepercayaan terhadap ekonomi yang sedang bergulat dengan krisis real estat yang berkepanjangan dan tekanan dari ketegangan geopolitik dengan AS.

"Sungguh pesan yang buruk jika hal ini dihapus dari agenda," kata Richard McGregor, Senior Fellow untuk Asia Timur di Lowy Institute. "Itu adalah platform yang sangat bagus bagi banyak perdana menteri di masa lalu untuk menetapkan jejak mereka pada tujuan kebijakan ekonomi."

Indeks Bloomberg Intelligence dari pengembang properti China turun karena krisis utang properti negara itu menunjukkan tanda-tanda masalah baru, dengan salah satu pengembang besar yang didukung negara itu diawasi ketat oleh investor. Namun, perputaran satu ETF yang disukai oleh dana negara China melonjak dalam perdagangan sore hari.

Indeks Hang Seng Tech turun sebanyak 4% setelah Bloomberg News melaporkan bahwa Advanced Micro Devices Inc perlu mendapatkan lisensi pemerintah AS untuk menjual prosesor AI yang kuat kepada pelanggan China.

Di tempat lain, yen stabil di sekitar 150 per dolar AS karena pertumbuhan harga di Tokyo melonjak kembali di atas target Bank of Japan pada bulan Februari. Kenaikan tersebut mendukung argumen untuk kenaikan suku bunga pertama bank sentral sejak 2007. Gubernur BOJ Ueda dijadwalkan berbicara nanti pada hari Selasa.

(bbn)

No more pages