Logo Bloomberg Technoz

Sulfur BBM Mulai Diturunkan Tahun Ini, Sinyal Pertalite Dihapus?

Dovana Hasiana
05 March 2024 15:20

Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian
Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengonfirmasi pemerintah bakal mulai menurunkan tingkat sulfur dalam bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia mulai tahun ini, dimulai dari solar sebelum diperluas ke bensin.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Mustika Pertiwi mengatakan penurunan tingkat sulfur bakal dilakukan secara bertahap, di mana penurunan sulfur pada tahap pertama bakal dilakukan untuk minyak Solar cetane number (CN) 53 setara 50 part per million (ppm) di Jabodetabek.

“[BBM di Indonesia akan] menuju [standar] Euro 4 pada 2028, menurunkan sulfur secara bertahap dimulai rencana triwulan III-2024 di Jabodetabek untuk minyak solar CN 53 setara 50 ppm,” ujar Mustika saat dihubungi, Selasa (5/3/2024).

Pada tahap selanjutnya, penurunan tingkat sulfur itu juga bakal dilakukan untuk BBM jenis bensin setara research octane number (RON) 95 dan RON 98 pada triwulan I-2025. 

Seorang petugas mengisi bahan bakar jerigen dengan solar di SPBU PT Pertamina di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan./Bolomberg-Dimas Ardian

Mustika tidak menjelaskan apakah penurunan sulfur tersebut bakal sejalan dengan desas-desus 'konversi' Pertalite yang setara RON 90 menjadi BBM dengan kadar RON tinggi.