Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Asia Merah Semua, Hong Kong Paling Parah

Hidayat Setiaji
16 March 2023 09:24

Logo Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd. (HKEX) ditampilkan di layar kompleks Exchange Square di Hong Kong. (Roy Liu/Bloomberg)
Logo Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd. (HKEX) ditampilkan di layar kompleks Exchange Square di Hong Kong. (Roy Liu/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memulai perdagangan hari ini di zona merah. Tidak hanya IHSG, seluruh indeks saham utama Asia pun melemah.

Pada Kamis (16/3/2023) pukul 09:16 WIB, IHSG berada di posisi 6.574,04. Melemah 0,82% dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

IHSG tidak sendiri, seluruh indeks saham utama Asia pun terkoreksi. Shanghai Composite (China) turun 0,44%, Hang Seng (Hong Kong) anjlok 1,98%, Topix (Jepang) minus 1,51%, KLCI (Malaysia) melemah 0,89%, Straits Times (Singapura) berkurang 0,81%, dan Kospi (Korea Selatan) terpangkas 0,2%.

IHSG dan bursa saham Asia mengikuti apa yang terjadi di bursa saham Amerika Serikat (AS). Dini hari tadi waktu Indonesia, indeks S&P 500 ditutup melemah 0,7%. Bahkan indeks ini sempat anjlok sampai lebih dari 2%.

Kekhawatiran krisis di sektor perbankan menjadi sentimen negatif di pasar. Gaduh di Credit Suisse Group AS dalam hitungan hari usai kejatuhan beberapa bank di AS membuat investor mencari tempat yang aman dan meninggalkan aset-aset berisiko.