Logo Bloomberg Technoz

Pemisahan Sistem TikTok-Tokopedia Rampung Akhir Maret

Redaksi
28 February 2024 12:15

CEO GOTO Patrick Walujo. (Dok. GOTO)
CEO GOTO Patrick Walujo. (Dok. GOTO)

Bloomberg Technoz, Jakarta - CEO PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Walujo menyatakan proses pemisahan sistem TikTok Shop dan Tokopedia akan selesai dalam satu setengah bulan lagi. Pemisahan sebagai bentuk ketaatan perusahaan pada aturan Permendag No. 31 Tahun 2023, bahwa platform social commerce tidak diperbolehkan memfasilitasi transaksi perdagangan digital.

“Proses sudah hampir selesai, akan rampung dalam satu setengah bulan mendatang,” kata Patrick Walujo dalam paparan publik di Jakarta, Rabu (28/2/2024), yang dapat diestimasi proses seluruhnya tuntas pada akhir Maret 2024.

Ia mengaku bahwa proses kesepakatan TikTok dengan GOTO adalah bagian dari rencana perusahaan untuk tetap berada di jalur pertumbuhan pada bisnis e-commerce di Indonesia. Masuknya TikTok membawa dukungan pendanaan dan keunggulan layanan live commerce.

Pada bagian lain, Tokopedia memiliki cakupan konsumen pada segmen menengah atas dan terkonsentrasi tinggal di perkotaan. Aliansi membuat Tokopedia dapat melanjutkan penetrasi lebih lanjut di pasar perdagangan online konvensional. 

“Skala bisnis global TikTok menjadi kunci mendukung upaya ini, di tengah dinamika kompetisi bisnis e-commerce dan Perseroan tidak perlu lagi menyediakan pendanaan untuk bisnis Tokopedia,” papar perusahaan.