Logo Bloomberg Technoz

Swiftonomics Landa Singapura, Akomodasi & Penerbangan Naik 30%

Septiana Ledysia
28 February 2024 12:30

Taylor Swift. (Dok: Bloomberg)
Taylor Swift. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Efek konser Taylor Swift mulai dirasakan Singapura, walaupun konser baru digelar minggu depan.

Menurut laporan Channel News Asia (CNA), pihak hotel dan maskapai penerbangan mengatakan permintaan penerbangan dan akomogasi di sekitar tangga konser Taylor Swift meningkat 30%.

Badan Pariwisata dan Kementerian Komunitas, Budaya, dan Pemuda Singapura atau MCCY dan Singapore Tourism Board mengatakan bahwa Singapura memiliki banyak hal yang ditawarkan sebagai destinasi untuk acara-acara internasional berskala besar, dengan lokasi strategis, insfrastruktur berkualitas, keamanan, efisiensi dan keanekaragaman budaya.

“Hal ini kemungkinan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi perekonomian Singapura, terutama untuk kegiatan pariwisata seperti perhotelan, ritel, perjalanan, dan kuliner, seperti yang telah terjadi di kota-kota lain yang pernah dikunjungi Taylor Swift,” menurut pernyataan MCCY.

Bloomberg Economics memperkirakan para penggemar Swift — yang dikenal sebagai Swifties — dan musisi superstar lainnya, Beyonce, telah menambahkan US$5,4 miliar atau setara Rp84,5 triliun ke PDB AS pada kuartal ketiga karena mereka membelanjakan uang untuk konser. Swiftie menghabiskan setidaknya US$1.500 untuk menghadiri pertunjukan, termasuk biaya tiket, hotel, penerbangan, dan makanan.

Grafik efek Taylor Swift. (Sumber: Bloomberg)