Logo Bloomberg Technoz

Dilansir dari AP dan kantor berita lain, Trump dengan mudah mengalahkan penantang utamanya yang terakhir, Nikki Haley.

Sekitar satu jam setelah pemungutan suara terakhir di negara bagian ditutup pada pukul 9 malam, Trump memiliki 66% berbanding 30% untuk Haley, dengan 20% suara terhitung. Biden memiliki 79,5%, dengan 15% suara tidak berkomitmen, dengan 17% suara terhitung.

Trump telah menyapu bersih kontes pemilihan pendahuluan dan kaukus sejauh ini dan pada hari Sabtu memberikan kekalahan memalukan kepada Haley di negara bagian asalnya sendiri, South Carolina, memajukan jalannya menuju nominasi. 

Namun, suara untuk Haley, di Michigan dan negara bagian lain, menunjukkan bahwa sebagian besar pemilih Partai Republik memiliki pandangan negatif terhadap nominasi Trump untuk ketiga kalinya oleh partai. 

Partai Republik Michigan dijadwalkan untuk mengadakan kaukus pada 2 Maret yang akan memberikan bagian terbesar dari delegasi.

Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)
Meskipun presiden diharapkan untuk dengan mudah memenangkan pemilihan pendahuluan, suara protes tersebut menunjukkan tantangan yang dihadapi kampanye pemilihan kembali beliau dengan bagian dari basis Demokrat di tengah kekacauan di Timur Tengah. 

Biden memenangkan Michigan dengan selisih tipis pada tahun 2020 dan negara bagian tersebut sekali lagi dianggap harus dimenangkan pada November ini.

Beliau tidak menghadapi penantang serius dalam kontes tersebut, dengan hanya nama-nama seperti Perwakilan AS Dean Phillips dari Minnesota dan penulis bantuan diri Marianne Williamson, yang mengundurkan diri dari perlombaan awal bulan ini, di surat suara Demokrat.

Michigan adalah rumah bagi salah satu populasi Arab- dan Muslim-Amerika terbesar di negara itu.

Presiden Biden telah menghadapi kritik tajam dari kelompok-kelompok tersebut, serta pemilih muda dan progresif, atas responsnya terhadap kampanye militer Israel untuk membasmi Hamas di Jalur Gaza.

Biden telah mendukung kuat hak Israel untuk mempertahankan diri, bahkan saat beliau semakin mendorong Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk melakukan lebih banyak lagi untuk melindungi kehidupan sipil di Gaza yang dikontrol Hamas dan untuk meningkatkan aliran bantuan kemanusiaan. 

Perang tersebut hingga saat ini telah menewaskan sekitar 30.000 orang Palestina di Gaza, menurut kementerian kesehatan yang dijalankan oleh Hamas.

Dalam sebuah rapat umum pada hari Minggu di Dearborn, Michigan, para pembicara memanggil pemilih untuk menghukum Biden atas penanganannya terhadap perang Israel-Hamas.

Pejabat administrasi puncak dikerahkan ke negara bagian tersebut awal bulan ini untuk bertemu dengan pemimpin komunitas Arab dan Muslim sebagai tanda kekhawatiran atas reaksi balik.

Perwakilan AS Rashida Tlaib, seorang Demokrat Michigan dan Arab-Amerika, mengatakan dia "bangga" telah memberikan suara untuk tidak berkomitmen.

Lebih dari 20.000 pemilih Michigan, atau 10,7%, memilih "tidak berkomitmen" pada tahun 2012 daripada mendukung Barack Obama yang sedang menjabat — presiden Demokrat terakhir yang mencari pemilihan kembali tanpa penantang serius. 

Dan dalam pemilihan pendahuluan Demokratik yang kompetitif pada tahun 2020, di mana Biden mengalahkan Senator AS Bernie Sanders, lebih dari 19.000 orang memilih "tidak berkomitmen."

Haley, yang berkampanye di Michigan awal minggu ini, telah bersumpah untuk tetap berada dalam perlombaan setidaknya hingga Super Selasa pada 5 Maret, ketika lebih dari selusin negara bagian mengadakan pemilu pendahuluan.

Dalam wawancara dengan CNN Selasa malam, dia ditanya tentang perubahan yang telah membawa dominasi Trump atas Partai Republik.

"Apa yang saya sampaikan kepada keluarga Partai Republik saya, adalah kita berada dalam kapal dengan lubang di dalamnya, dan kita bisa saja tenggelam bersama kapal dan menyaksikan negara ini bergerak ke kiri sosialis, atau kita bisa melihat bahwa kita perlu mengambil rakit penyelamat dan bergerak ke arah baru," katanya.

(bbn)

No more pages