Logo Bloomberg Technoz

Usai Pemilu, Jokowi Groundbreaking Sejumlah Proyek IKN Pekan Ini

Redaksi
27 February 2024 18:00

Desain rencana Kompleks Istana Kepresidenan di IKN, Kalimantan Timur. (Dok. Kementerian Pariwisata)
Desain rencana Kompleks Istana Kepresidenan di IKN, Kalimantan Timur. (Dok. Kementerian Pariwisata)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pekan ini, 29 Februari-1 Maret 2024. Ini adalah groundbreaking pertama yang dilakukan presiden usai pemungutan suara Pemilu 2024.
 
Pada groundbreaking ke-5 ini, Deputi bidang Pendanaan dan Investasi Badan Otorita IKN, Agung Wicaksono mengatakan, Jokowi akan meresmikan dimulainya pembangunan sejumlah proyek. Akan tetapi dia belum bisa menyampaikan nilai investasi dari sejumlah proyek tersebut.

"Nilai total investasi nanti kita lihat sebelum atau setelah acara, sekarang masih dihitung secara detil tapi mendekati Rp50 triliun," kata Agung dalam acara virtual, Selasa (27/2/2024).

Salah satu proyek yang akan diresmikan pembangunannya adalah fasilitas perbankan di kawasan inti IKN. Menurut dia, empat bank akan memulai pembangunan kantor pusatnya. Tiga bank badan usaha milik negara yang memulai pembangunan adalah Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

"Dan juga Bank Kaltimtara sebagai tuan rumah dari ibu kota nusantara," ujar dia.

Pembangunan fasilitas pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Tak hanya perbankan, Jokowi juga akan melakukan groundbreaking pada beberapa proyek pendukung konsep smart city, serta telekomunikasi. Beberapa di antaranya adalah pembangunan kantor pintar atau smart office PT Telkom, dan mini studio milik TVRI.