Logo Bloomberg Technoz

MIND ID Cari Dana Rp31,2 T, Persiapan Caplok 10% Saham Freeport?

Sultan Ibnu Affan
27 February 2024 10:40

Dok. Freeport Indonesia
Dok. Freeport Indonesia

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) buka suara ihwal rumor bahwa upaya perseroan mencari pinjaman US$2 miliar (sekitar Rp31,2 triliun) salah satunya ditujukan untuk mengakuisisi 10% saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

Usai finalisasi divestasi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO), agenda akuisisi saham skala jumbo yang sedang menanti MIND ID selanjutnya adalah menyakut penambahan porsi saham pemerintah di Freeport Indonesia.  

Akan tetapi, Direktur Keuangan MIND ID Akhmad Fazri mengatakan divestasi saham Freeport tersebut kemungkinan belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kalau yang itu masih panjang ya, masih jauh kalau [menyiapkan dana] yang buat 10% [saham PTFI] itu,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Senin (26/2/2024).

“Ya itu bisa saja [divestasi PTFI dipercepat], tetapi itu kan ranahnya pemerintah. Cuma belum tentu sekarang [tahun ini] juga. Bisa jadi nanti pembeliannya setelah 2041. Nanti kita [cermati] lagi. Itu kan baru offering dari Freeport ya, kalau diperpanjang, akan ada komitmen [divestasi lagi] 10%. Namun, setahu saya, itu nanti setelah 2041, bukan sekarang,”  terang Akhmad.

Seorang pekerja berjalan melewati tanda PT Freeport Indonesia di kompleks pertambangan tembaga dan emas Grasberg. (Dadang Tri/Bloomberg)