Logo Bloomberg Technoz

Habis Divestasi Vale, MIND ID Akui Sedang Cari Dana Rp31,2 T

Sultan Ibnu Affan
27 February 2024 09:22

Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID
Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) mengungkapkan sumber pendanaan yang akan digunakan perseroan untuk memborong 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) melalui skema divestasi yang diteken kemarin, Senin (26/2/2024).

Direktur Keuangan MIND ID Akhmad Fazri mengatakan holding badan usaha milik negara (BUMN) sektor pertambangan itu memang sedang mencari struktur pendanaan yang cocok untuk mendanai tidak hanya akuisisi saham INCO, tetapi juga sejumlah kebutuhan lainnya.

Terkait dengan hal itu, dia pun tidak menampik MIND ID tengah menjajaki opsi untuk mencari pinjaman eksternal, yang dikabarkan mencapai US$2 miliar (sekitar Rp31,2 triliun). 

“Oh iya itu, kan kita masih penjajakan juga. Masih belum [diputuskan]. Kita lihat nanti vibes-nya dari lender itu seperti apa sih. Kalau bagus,  ya akan kita [tindaklanjuti],” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Senin (26/2/2024).

Penandatanganan divestasi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk ke MIND ID, Senin (26/2/2024) (Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)

Akhmad menjelaskan kemungkinan pinjaman tersebut tidak semata digunakan untuk transaksi akuisisi saham Vale, tetapi juga berbagai kegiatan MIND ID termasuk pelunasan utang yang sedang direstrukturisasi. Namun, dia tidak mengelaborasi berapa jumlah utang perusahaan yangn akan ditata ulang.