Logo Bloomberg Technoz

Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Bakal Untungkan Saham-saham Ini

Muhammad Julian Fadli
23 February 2024 11:45

Pidato kemenangan Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Rabu (14/2//2024)/Bloomberg Technoz-Andrean Kristianto
Pidato kemenangan Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Rabu (14/2//2024)/Bloomberg Technoz-Andrean Kristianto

Bloomberg Technoz, Jakarta - Program makan siang gratis bagi puluhan juta anak sekolah yang diusung dan digagas oleh Prabowo Subianto bila nanti memegang kekuasaan tertinggi, diprediksi akan memakan biaya sedikitnya Rp120 triliun untuk pelaksanaan pada tahun pertama.

Kira-kira emiten mana saja yang bisa mendapatkan manfaat dari program tersebut? Ada beberapa kemungkinan, utamanya yang terkait dengan sektor makanan, seperti produsen beras, sektor agribisnis, serta produsen makanan olahan.  

Anggaran Program

Program makan siang gratis itu memakan total anggaran mencapai Rp450 triliun yang akan diberikan kepada 82,9 juta anak sekolah.

Dalam lima tahun pelaksanaan, perkiraan kebutuhan beras untuk merealisasikan program tersebut mencapai 6,7 juta ton beras per tahun, kemudian 1,2 juta ton ayam, 500 ribu ton daging sapi, juga 1 juta ton daging ikan segar, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Ditambah 4 juta kiloliter susu sapi segar.

Sejauh ini, pasangan Prabowo-Gibran memang unggul dalam hitung cepat yang digelar banyak lembaga survei, termasuk dalam penghitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum yang sampai kini mengantongi nyaris 59% suara nasional. 

Jika persentase tidak berubah hingga rekapitulasi usai, maka Prabowo-Gibran dipastikan menjadi pemenang Pemilu dalam satu putaran. Mereka akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden yang baru.

Saham-saham Yang Diuntungkan

Hal ini tentu diproyeksikan akan menguntungkan sejumlah sektor dan berpotensi mendongkrak kinerja dari masing-masing perusahaan, terutama yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia, yang akan diikuti dengan kenaikan harga sahamnya.