Logo Bloomberg Technoz

Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh Rp120 T di Tahun Pertama

Redaksi
22 February 2024 18:00

Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat kelima di JCC, Minggu (4/2/2024). (Dok: Bloomberg)
Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat kelima di JCC, Minggu (4/2/2024). (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Program makan siang gratis bagi puluhan juta anak sekolah yang diusung oleh Prabowo Subianto bila nanti memegang tampuk kekuasaan, diprediksi akan memakan biaya sedikitnya Rp120 triliun untuk pelaksanaan pada tahun pertama.

Program makan siang gratis itu memakan total anggaran sebesar Rp450 triliun yang akan diberikan kepada sekitar 82,9 juta anak sekolah.

Perkiraan anggaran itu untuk lima tahun di mana program akan dilaksanakan bertahap dan tahun pertama diprediksi akan menghabiskan dana Rp120 triliun, menurut salah seorang anggota Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, seperti dilansir dari Bloomberg News, Kamis (22/2/2024).

Dalam lima tahun pelaksanaan, perkiraan kebutuhan beras untuk merealisasikan program tersebut mencapai 6,7 juta ton beras per tahun, lalu 1,2 juta ton ayam, 500 ribu ton daging sapi, lalu 1 juta ton daging ikan segar, juga buah-buahan dan sayuran. Ditambah 4 juta kiloliter susu sapi segar.

Tim Prabowo mencari partisipasi dari BUMN maupun perusahaan swasta untuk membiayai program tersebut, termasuk mengajak keterlibatan pemerintah daerah dan perusahaan-perusahaan daerah untuk menyediakan suplai bahan baku makan gratis.