Logo Bloomberg Technoz

Hilirisasi Nikel, Luhut Sebut China Akan Bikin Pabrik Garpu di RI

Sultan Ibnu Affan
22 February 2024 15:40

Peralatan makan./Bloomberg-Simon Dawson
Peralatan makan./Bloomberg-Simon Dawson

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan China akan kembali berencana berinvestasi dalam industri hilir nikel di Indonesia, yakni dengan membangun pabrik sendok, garpu, hingga jarum suntik di Kalimantan Utara (Kaltara).

Rencana itu, kata Luhut, seiring dengan angin segar kelanjutan investasi proyek pembangunan pabrik petrokimia yang juga bakal di bangun di kawasan industri hijau indonesia (KIHI), yang sempat mengalami ketidakpastian sejak berlangsungnya kontestasi Pemilu 2024.

"Mereka menanti-nanti, walaupun [belakangan] Tiongkok atau dunia mengalami ekonomi agak sulit, mereka juga sampaikan [pabrik] petrochemical yang akan dibangun akan tetap dilanjutkan, begitu juga proyek-proyek yang lain," ujar Luhut dalam unggahan video melalui akun instagram resminya, dikutip Kamis (22/2/2024).

"Proyek lainnya itu downstreaming dan stainless steel, yang [akan diolah] menjadi garpu, sendok, jarum suntik, dan sebagainya," imbuhnya.

MenkoMarves Luhut Pimpin Sosialisasi Satgas Sawit, Jumat (7/7/2023). (Dok. Kemenko Marves)

Dia mengatakan, bahkan, Negeri Panda itu juga telah memberikan lampu hijau terkait dengan total nominal investasi tersebut, meski tak memberikan detail perusahaan tersebut.