Logo Bloomberg Technoz

Daihatsu Motor Co, anak perusahaan Toyota Motor Corps, harus menangguhkan produksi domestik dan pengiriman beberapa model mulai Desember karena skandal sertifikasi kendaraan.

Laporan tersebut juga berisi penilaian yang lebih rendah terhadap konsumsi swasta, sesuai dengan data terbaru. Pengeluaran rumah tangga pada bulan Desember turun dari tahun sebelumnya untuk bulan ke-10 berturut-turut.

Penurunan ini merupakan perkembangan yang tidak menyenangkan bagi Bank Sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) yang sedang mempertimbangkan waktu kenaikan suku bunga pertamanya sejak 2007. Gubernur Kazuo Ueda mengatakan pekan lalu bahwa bank akan terus menganalisis data dengan hati-hati untuk menilai apakah pemulihan ekonomi bertahap akan berlanjut.

Menurut seorang pejabat pemerintahan, penilaian ekonomi bulanan pada suatu saat akan menjadi tempat di mana pemerintah menyatakan berakhirnya delflasi yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Pejabat tersebut mengindikasikan bahwa waktu deklarasi kemenangan pemerintah atas deflasi tidak harus bersamaan dengan langkah BOJ untuk menormalisasi kebijakan dengan mengakhiri suku bunga negatifnya.

(bbn)

No more pages