Logo Bloomberg Technoz

Performa QRIS: Transaksi Singapura-Thailand Turun, Malaysia Naik

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 February 2024 19:30

Pembeli melakukan pembayaran digital (QRIS) di Pasar Minggu, Kamis (11/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pembeli melakukan pembayaran digital (QRIS) di Pasar Minggu, Kamis (11/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan performa QRIS antarnegara, yang saat ini sudah dapat digunakan untuk transaksi dengan beberapa negara di ASEAN, yakni dengan Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendrata menjelaskan, penggunaan QRIS antar negara secara pola musiman memang mengalami penurunan pada awal tahun, utamanya pada Januari.

Ia menjelaskan, wisatawan biasanya memang banyak menggunakan QRIS di beberapa negara Asean pada momentum libur akhir tahun, yakni pada Desember. Sehingga, volume transaksi yang terjadi di Januari memang sedikit mengalami penurunan, kecuali pada Malaysia.

“QRIS antar negara memang tadi biasa kalau Januari ini wisatawan sudah habiskan di Desember dan di Januari jadi sesuai pola musiman memang sedikit turun, kecuali Malaysia,” ujar Filianingsih dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI Februari, Rabu (21/2/2024).

Transaksi engan Malaysia, ia merinci bahwa terjadi peningkatan pada semua aspek. Untuk volumenya tercatat sebanyak 73.300 atau meningkat sebesar 10%. Selanjutnya, untuk transaksi lintas batas keluar ke Malaysia tercatat sebanyak 11.533.