Logo Bloomberg Technoz

BI Siap Edarkan Uang Baru Rp197 Triliun Jelang Lebaran, Naik 4,6%

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 February 2024 16:50

Ilustrasi Rupiah (Sumber: Bank Indonesia)
Ilustrasi Rupiah (Sumber: Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan menyiapkan uang beredar sebesar Rp197,6 triliun pada momentum Hari Raya Idulfitri mendatang. Jumlah ini tercatat meningkat 4,65% dibanding peredaran uang tunai pada momentum yang sama tahun lalu, yakni Rp189 triliun. 

Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono menjelaskan penambahan jumlah uang beredar pada masa Lebaran 2024 sudah memperhitungkan aspek proyeksi pertumbuhan ekonomi, dan aktivitas transaksi digital.

"Jadi artinya persentase peningkatan uang beredar 4,65% itu sudah kami perkirakan dengan yang non-tunai. Kami siapkan front loading (penyediaan di depan)," ujar Doni dalam Konferensi Pers usai Rapat Dewan Gubernur BI, Rabu (21/2/2024).

Terkait upaya bank sentral dalam pengedaran uang, Doni menyebutkan pihaknya akan lebih agresif menyediakan layanan penukaran uang secara masif, yakni di 4.674 titik lokasi.

"Akan ada tambahan 449 titik yang hubungannya dengan transportasi, misalnya di jalan tol akan kami perbanyak layanan penukaran uang. Juga di rest area, bandara, pelabuhan, stasium, terminal akan kami siapkan juga," papar Doni.