Logo Bloomberg Technoz

Kerja Sama QRIS RI - UEA Rampung Lebih Dulu, Arab Saudi Menyusul

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 February 2024 19:10

Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi QRIS (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) membeberkan perkembangan implementasi QRIS cross border di beberapa negara.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendrata menjelaskan, pada bulan lalu pihaknya terus melanjutkan diskusi implementasi QRIS cross border dengan Arab Saudi. Selain itu, kerja sama yang sebelumnya telah digagas dengan Uni Emirates Arab (UEA) telah berlanjut dan memasuki tahapan tanda tangan.

“Dengan Saudi Arabia kita masih terus untuk diskusi, tapi mungkin sebelum ke Saudi Arabia kita baru saja tanda tangan dengan UEA nah ini mungkin bisa stepping stone ini duluan,” ujar Filianingsih dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI Februari, Rabu (21/2/2024).

Tak hanya itu, ia juga memberikan rencana kerja sama yang akan dilakukan dengan Jepang. Filianingsih mengharapkan implementasi QRIS cross border dengan negara tersebut dapat diuji coba dalam waktu dekat.

Hal ini, menurutnya, dapat segera terwujud dikarenakan pihak Jepang telah berdiskusi lebih lanjut dengan BI, sehingga proses uji coba diharapkan segera terlaksana.