Logo Bloomberg Technoz

Ini Putusan Lengkap Rapat Dewan Gubernur BI Februari 2024

Azura Yumna Ramadani Purnama
21 February 2024 18:45

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) resmi mengumumkan suku bunga acuan atau BI Rate di level 6% pada Februari 2024. Adapun, suku bunga deposit facility tetap sebesar 5,25%, dan suku bunga lending facility tetap sebesar 6,75%.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, kebijakan mempertahankan BI Rate sebesar 6% tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro stability.

“Yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar Rupiah serta langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1% pada 2024,” ujar Perry dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI bulan Februari, Rabu (21/2/2024).

Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran yang tetap pro-growth (pro-pertumbuhan) terus dilakukan BI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk mendorong kredit/pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

Adapun, keputusan tersebut diambil dengan melakukan asesmen dengan data-data terkini mengenai perkembangan ekonomi global maupun domestik dan beberapa dinamika yang terjadi saat ini.