Logo Bloomberg Technoz

Potensi Kenaikan Lanjutan IHSG Dibayangi Situasi Ekonomi AS

Muhammad Julian Fadli
19 February 2024 08:45

Papan layar IHSG di Bursa Efek Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Papan layar IHSG di Bursa Efek Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin 19 Februari 2024 berpotensi melanjutkan tren positif di zona hijau. Namun penguatannya kemungkinan terbatas karena dibayang-bayangi oleh sejumlah sentimen global dan regional, termasuk Indeks Harga Produsen AS yang lebih tinggi dari perkiraan.

Pada perdagangan sebelumnya, Jumat (16/2/2024), IHSG menguat 32,26 poin atau setara dengan penguatan mencapai 0,44% dan menutup perdagangan pada level 7.335.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Senin 19 Februari 2024 (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG masih ada potensi untuk terus melanjutkan tren penguatan, dengan terkonfirmasi breakout resistance terkuatnya dalam tren jangka pendek di time frame daily. Bersamaan dengan adanya indikasi menuju resistance selanjutnya di level rekor All Time High IHSG 7.359–7.370.

Target kenaikan potensial selanjutnya menuju area level 7.400. Adapun resistance sebelumnya yang berhasil ditembus, kini menjadi support IHSG pada level 7.315–7.280.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global dan regional. Realisasi kenaikan Indeks Harga Produsen (Producer Price Index/PPI) yang lebih tinggi dari perkiraan analis, makin mengurangi ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan oleh Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) dalam waktu dekat, Mei 2024.