Logo Bloomberg Technoz

Lima Pergerakan Penting di Pasar Komoditas Global Pekan Ini

News
19 February 2024 08:15

Harga Komoditas Anjlok, Ekspor RI Jeblok (Bloomberg Technoz)
Harga Komoditas Anjlok, Ekspor RI Jeblok (Bloomberg Technoz)

Sophie Caronello - Bloomberg News

Bloomberg, Musim semi akan segera tiba di Belahan Bumi Utara, yang berarti kemerosotan pasokan gas alam berpotensi akan terus berlanjut. Di pasar logam, harga paladium dibandingkan platinum semakin memudar, sementara di pasar pertanian, turunnya harga pupuk menekan laba perusahaan-perusahaan nutrisi tanaman.

Berikut lima kondisi pasokan dan pergerakan harga yang patut dipertimbangkan dalam pasar komoditas global saat pekan ini dimulai:

  • Gas alam

Meskipun cuaca dingin baru-baru ini terjadi di Amerika Serikat (AS) yang membawa salju ke Timur Laut, awal musim semi mungkin masih akan terjadi. Perkiraan cuaca yang lebih hangat pada hari-hari penutupan bulan Februari memangkas perkiraan permintaan dan menekan harga gas alam berjangka yang diperdagangkan di New York, dengan kontrak teraktif menyentuh level terendah sejak tahun 2020 pada minggu lalu.

Stok berada di atas rata-rata lima tahun pada 2024, menambah tekanan harga lebih lanjut, dan para pedagang memperkirakan tren ini akan terus berlanjut. Skenario serupa juga terjadi di Eropa. Dalam jangka panjang, Goldman Sachs Group Inc. memperkirakan bahwa gelombang baru gas alam cair akan membuat pasar mengalami kelebihan pasokan, sehingga menurunkan harga mulai 2025 dan seterusnya.

  • Bahan kimia