Logo Bloomberg Technoz

Harga pupuk telah melampaui rekor tertingginya pada tahun 2022, tetapi masih tetap tinggi secara historis. Hal ini membantu meningkatkan inflasi pangan karena petani membayar lebih untuk menjaga tanaman tetap sehat. Perusahaan nutrisi tanaman Moses Co. dan Nutrien Ltd. melaporkan pendapatannya pada hari Rabu, memberikan investor rincian baru tentang prospek tahun 2024. 

Saham kedua perusahaan diperdagangkan mendekati posisi terendah dalam beberapa tahun. CF Industries Holdings Inc., produsen pupuk nitrogen terbesar di dunia yang digunakan untuk jagung dan tanaman lainnya, pekan lalu membukukan laba dan penjualan kuartalan yang jauh lebih rendah di tengah anjloknya harga.

  • Daya nuklir

Pasokan global yang terbatas dan kebangkitan tenaga nuklir membantu mengangkat harga uranium berjangka, yang diperdagangkan mendekati level tertinggi sejak tahun 2007. Meskipun ada kekhawatiran atas keselamatan tenaga nuklir, kombinasi dari biaya energi yang lebih tinggi dan dorongan mendesak untuk mencapai emisi nol yang dapat diandalkan sumber listrik mendorong negara-negara termasuk Jepang, China, Korea Selatan, Perancis dan Inggris untuk menghidupkan kembali atau memperluas armada mereka.

Di Jepang – yang akan memperingati 13 tahun bencana Fukushima bulan depan – 12 dari 33 reaktor nuklir yang dapat dioperasikan kembali beroperasi setelah tidak digunakan setelah krisis tahun 2011.

  • Logam

Dua logam utama yang digunakan dalam konverter katalitik sedang dalam perlombaan kuda. Paladium – yang sudah lama memiliki harga lebih tinggi dibandingkan platinum – diperdagangkan dengan harga lebih rendah dibandingkan logam mulianya untuk pertama kalinya sejak 2018 pada awal bulan ini. Kemerosotan dramatis harga paladium terjadi ketika produsen mobil melakukan pengurangan stok dan semakin beralih ke alternatif yang lebih murah. Namun hal ini dapat berubah jika harga kedua logam tersebut tetap dekat dalam jangka panjang, sehingga mengurangi insentif untuk melakukan pertukaran dalam upaya pemotongan biaya.

Ke depannya, paladium akan semakin terpukul dengan meningkatnya penjualan kendaraan listrik yang tidak menggunakan paladium, mengingat permintaan platinum berasal dari peralatan elektronik dan perhiasan. Anglo American Plc, yang memproduksi kedua logam tersebut, melaporkan pendapatannya pada hari Kamis.

  • Tenaga surya

Ketidakpastian peraturan dan perlambatan permintaan akibat kenaikan suku bunga telah berkontribusi pada penurunan saham beberapa perusahaan tenaga surya terkemuka di AS. SolarEdge Technologies Inc., Sunnova Energy International Inc. dan Sunrun Inc. semuanya melaporkan pendapatan minggu ini, memberikan investor gambaran terkini mengenai keadaan industri.

Enphase Energy Inc., pembuat peralatan tenaga surya dan penentu arah sektor, menawarkan secercah harapan bagi kelompok yang terpukul awal bulan ini ketika memperkirakan potensi titik terendah pada kuartal pertama. Meskipun tahun ini masih muda, saham keempat perusahaan tersebut lebih rendah, dengan Sunnova dan Sunrun turun dua digit hingga penutupan hari Jumat.​

(bbn)

No more pages