Logo Bloomberg Technoz

Real Count KPU: 2 Menteri dan 2 Wamen Jokowi Berpotensi Gagal

Redaksi
18 February 2024 12:30

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. (Dok. Biro Humas Kemnaker)
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. (Dok. Biro Humas Kemnaker)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Delapan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju menjadi calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024. Empat di antaranya berpotensi tak lolos menjadi anggota DPR berdasarkan penghitungan nyata atau real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) sementara.

Dua menteri yang cukup sulit untuk lolos adalah Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziah di daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II; serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nanditto atau Dito Ariotedjo di Dapil DKI Jakarta I.

Menteri Ida tercatat baru mengumpulkan 28.408 suara meski KPU baru mengumpulkan 49,95% data pada Dapil Jakarta II. 

Akan tetapi, perolehan politikus PKB tersebut sangat jauh dari 50an caleg lainnya yang sudah menembus 100 ribu suara. Dapil ini hanya memiliki alokasi 7 kursi DPR yang berarti diperuntukkan bagi 7 caleg dengan suara terbanyak. 

Sedangkan Menteri Dito sebenarnya sudah mengumpulkan dukungan hingga 19.205 suara di Dapil Jakarta I. Akan tetapi, suara ini belum tentu membawa politikus Partai Golkar tersebut kembali lolos ke DPR.

Petugas menyortir & melipat surat suara Legislatif Pemiilu 2024 di GOR Kebon Jeruk, Selasa (2/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)