Logo Bloomberg Technoz

Ekonom Sebut Jika Prabowo Menang, Prospek Investasi RI Kuat

Redaksi
16 February 2024 11:10

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto berjoget usai pidato kemenangan di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto berjoget usai pidato kemenangan di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom memperkirakan penampilan kuat pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming pada pemilihan presiden (Pilpres) 14 Februari 2024 lalu akan menghilangkan kekhawatiran investor terkait ketidakpastian politik dari pasar Indonesia dalam jangka pendek.

Ekonom Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro menilai agenda ekonomi pasangan Prabowo-Gibran berorientasi pada pertumbuhan, dan tim ekonomi mereka secara terbuka menyuarakan dukungan terhadap toleransi pada defisit fiskal dan tingkat utang yang lebih tinggi.

"Prabowo-Gibran secara luas dipandang sebagai kandidat yang didukung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan diharapkan dapat mengambil kebijakan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi prospek investasi Indonesia," kata Satria dalam hasil risetnya, Jumat (16/2/2024).

Dia memproyeksi agar Prabowo mematuhi prinsip-prinsip kebijakan luar negeri Indonesia yang 'Bebas dan Aktif', dengan menyeimbangkan kepentingan negara-negara global dalam realisasi penanaman modal asing di Indonesia.

"Fakta bahwa kendaraan politik Prabowo, Partai Gerindra, juga akan menjadi partai terbesar kedua di Indonesia juga dapat mempercepat reformasi jangka panjang," ujar Satria.