Logo Bloomberg Technoz

Kecemasan Inflasi Mulai Memudar, Bursa Saham Eropa Kompak Hijau

News
15 February 2024 16:57

Ilustrasi bursa Eropa.
Ilustrasi bursa Eropa.

Pearl Liu - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Eropa melonjak pada Kamis (15/2) mengikuti kinerja bursa Amerika Serikat, Wall Street. Selain itu, laporan keuangan yang kuat membantu mengatasi kekhawatiran tentang inflasi yang sempat kurang 

Indekx Stoxx 600 Eropa naik untuk hari kedua ke level tertinggi dalam lebih dari sebulan. Hal ini mengikuti pergerakan di Asia, di mana indeks saham regional naik 0,9% ke level terbaik sejak awal Januari. 

Kontrak berjangka saham AS menunjukkan tanda-tanda akan menguat setelah S&P 500 naik 1% pada Rabu untuk kembali mencapai level 5.000. Kenaikan ini menghapus sebagian besar penurunan yang dipicu oleh data yang menunjukkan inflasi inti AS untuk Januari naik lebih tinggi dari perkiraan. Sehingga, harapan akan penurunan suku bunga pertama Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) telah berkurang.

Ini adalah hari sibuk lain untuk laporan keuangan di Eropa. Saham Stellantis NV naik setelah produsen mobil Jeep tersebut mengumumkan pembelian kembali saham dan peningkatan dividen. Saham Pernord Richard SA melonjak 6,3% karena memperkirakan peningkatan penjualan di paruh kedua tahun ini.

Grafik S&P 500. (Sumber: Bloomberg)