Logo Bloomberg Technoz

Wakil Gubernur ECB Optimis Inflasi Eropa Akan Mencapai 2%

News
15 February 2024 07:00

Wakil Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Luis de Guindos (Dok: Bloomberg)
Wakil Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Luis de Guindos (Dok: Bloomberg)

Jasmina Kuzmanovic - Bloomberg News

Bloomberg, Wakil Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Luis de Guindos mengatakan bahwa pembacaan inflasi terbaru membuatnya optimis bahwa para pembuat kebijakan berada di jalur yang tepat untuk mencapai target 2%.

Guindos mengatakan kepada stasiun televisi Kroasia HRT1, dewan pemerintahan telah menerima "beberapa kejutan positif" akhir-akhir ini. Ia menegaskan kembali bahwa semua keputusan di masa depan akan bergantung pada informasi yang masuk--termasuk proyeksi ekonomi terbaru yang tersedia pada pertemuan kebijakan ECB berikutnya di awal Maret.

"Data-data terbaru sangat positif," kata Guindos. "Sejauh ini proses disinflasi sudah cukup jelas, jadi saya optimis mengenai evolusi inflasi."

Sebelumnya pada Rabu, ia berpendapat bahwa ECB membutuhkan bukti tambahan sebelum dapat mulai melonggarkan kebijakan moneter dengan aman. Ia menyebutkan pertumbuhan upah yang cepat, peningkatan margin keuntungan perusahaan, dan ketegangan geopolitik sebagai risiko-risiko yang masih dapat memicu kenaikan harga.