Logo Bloomberg Technoz

Studi: Bubuk Kayu Manis Bisa Pulihkan Diabetes

Dinda Decembria
13 February 2024 16:10

Kayu Manis . (Envato/wirestock)
Kayu Manis . (Envato/wirestock)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para peneliti di Universitas California Los Angeles menemukan jika mengonsumsi sekitar satu sendok teh kayu manis dapat berkhasiat mengurangi kadar gula darah pada penderita pre-diabetes.

Pengujian dilakukan dengan meneneliti 18 orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas yang didiagnosis menderita pradiabetes. Mereka menjalani diet 'putih' yakni mengonsumsi kaya karbohidrat sederhana seperti roti putih dan pasta, namun tanpa sayuran selama sebulan.

Mereka dikategorikan menjadi dua kelompok, separuhnya mengonsumsi kapsul plasebo dua kali sehari, dan kelompok lainnya mengonsumsi kapsul yang mengandung satu sendok teh kayu manis.

Mereka menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi obat kapsul  mengandung satu sendok teh kayu manis memiliki kadar gula darah yang 'jauh lebih rendah' dan puncak glukosa yang lebih kecil dibandingkan mereka yang mengonsumsi plasebo.

Kelsey Costa, ahli gizi dan konsultan nutrisi terdaftar untuk Diabetes Strong, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan kepada Medical News Today. Meskipun kelompok penelitian ini dipilih untuk mengeksplorasi efek kayu manis pada regulasi glukosa pada individu dengan pradiabetes dan obesitas, penerapannya pada demografi yang lebih luas memerlukan kehati-hatian.