Logo Bloomberg Technoz

Produk Asuransi Senilai Rp10.793 T Dorong Reli Pasar Kredit AS

News
13 February 2024 11:00

Ilustrasi pelayanan asuransi kesehatan. (Envato)
Ilustrasi pelayanan asuransi kesehatan. (Envato)

Olivia Raimonde dan Alicia Clanton - Bloomberg News

Bloomberg, Produk asuransi yang digunakan konsumen untuk membantu mendanai masa pensiun mereka terjual pada rekor tertinggi. Ini mendorong permintaan terhadap utang korporasi dan obligasi hipotek komersial.

Tahun lalu, penjualan anuitas, yang memungkinkan konsumen untuk secara efektif membeli pendapatan selama sisa hidup mereka, mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar US$385 miliar, menurut kelompok perdagangan asuransi jiwa Limra. Angka tersebut naik 23% dari tahun sebelumnya. Produk ini menjadi lebih menarik karena kenaikan suku bunga menghasilkan potensi pembayaran tahunan yang lebih tinggi dari produk tersebut.

Di balik layar, perusahaan asuransi jiwa yang biasanya menjual anuitas membeli obligasi untuk menghasilkan pendapatan untuk produk tersebut, dan khususnya, utang perusahaan dan sekuritas beragun aset termasuk obligasi hipotek. Permintaan mereka mungkin sedikit menurun tahun ini setelah imbal hasil obligasi turun. Namun, Limra mengatakan bahwa penjualan anuitas diperkirakan masih akan tetap kuat menurut standar historis.

Pembelian obligasi oleh perusahaan asuransi menggarisbawahi bagaimana permintaan untuk banyak surat utang saat ini didorong oleh demografi, dan menggambarkan mengapa valuasi obligasi korporasi dapat tetap tinggi bahkan ketika Federal Reserve mempertahankan kebijakan moneter yang relatif ketat.