Logo Bloomberg Technoz

Imbas Oversupply RI, Glencore Lego Aset Nikel di Kaledonia Baru

News
12 February 2024 17:10

Tambang nikel di Kaledonia Baru./dok. Bloomberg
Tambang nikel di Kaledonia Baru./dok. Bloomberg

Eddie Spence and Mark Burton - Bloomberg News

Bloomberg, Glencore Plc berencana menjual sahamnya di tambang nikel dan pabrik pengolahan di kepulauan Kaledonia Baru menyusul penurunan harga yang drastis terhadap komoditas tersebut.

Pedagang komoditas terkemuka dunia akan berusaha menjual 49% sahamnya di Koniambo Nickel SAS, menurut pernyataan dari KNS. Perusahaan akan mulai “tanpa penundaan” untuk menghentikan operasi pabrik feronikelnya sementara investor baru ditemukan.

Hal ini merupakan dampak terbaru dari anjloknya harga nikel yang disebabkan oleh membanjirnya pasokan baru dari Indonesia. Lonjakan produksi di negara tersebut telah memaksa beberapa tambang di Australia tutup, meskipun permintaan logam dari sektor kendaraan listrik meningkat.

Nilai aset tambang Glencore/Bloomberg


Pemerintah Prancis, yang menguasai Kaledonia Baru, telah mempertimbangkan dana talangan untuk industri nikel di kepulauan tersebut, yang telah lama dilanda masalah teknis, biaya tinggi, dan kerusuhan sosial. Keringanan harga energi sekitar 200 juta euro (US$216 juta) per tahun telah ditawarkan oleh Paris, Bloomberg melaporkan bulan lalu.