Logo Bloomberg Technoz

ESDM Lelang 10 WK Migas pada Maret, Termasuk Harta Karun di Papua

Sultan Ibnu Affan
12 February 2024 15:30

Taman Nasional Lorentz di Papua./dok. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Taman Nasional Lorentz di Papua./dok. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melakukan penawaran lelang terbuka atau open bidding wilayah kerja (WK) hulu minyak dan gas bumi (migas) pada Maret.

"Kami rencana mungkin awal Maret ya, mulai dahulu mau [menawarkan]," ujar Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji saat ditemui di Jakarta, Senin (12/2/2024).

Tutuka mengatakan pembukaan lelang tersebut menunggu penyelesaian WK migas yang telah dilelang pada tahun sebelumnya, yakni Blok Akimeugah I-II di Papua yang dahulu dikenal dengan sebutan Blok Warim, serta WK Bobara di lepas pantai Papua Barat yang kini sedang masuk tahap akhir.

Namun, lanjut Tutuka, secara keseluruhan pengumuman pemenang lelang tersebut bakal dilaksanakan dalam agenda Indonesia Petroleum Assoiciation Converence dan Exhibition (IPA Convex) pada Mei.

Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas

Sebelumnya, kementerian memang telah merencanakan bakal melelang 10 WK migas pada tahun ini,  setelah sukses menandatangi 10 blok yang dilelang sepanjang 2023.