Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Minyak Eropa Angkat Harga di Afrika Barat & Laut Utara

News
12 February 2024 14:40

Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Bill Lehane dan Sherry Su - Bloomberg News

Bloomberg, Kilang-kilang minyak Eropa meningkatkan pembelian minyak mentah menyusul lonjakan harga diesel dan gangguan pada pengiriman impor dari Timur Tengah. Situasi ini menaikkan harga barel fisik minyak.

Dua jenis minyak mentah utama Afrika Barat, Forcados dan Egina, baru-baru ini ditawarkan dengan harga lebih dari $5 dan $7 per barel di atas harga patokan internasional, Dated Brent. Sebulan yang lalu, harga kedua jenis minyak ini sekitar $4 dan $6 di atas harga yang sama.

Para pedagang mengatakan bahwa kedua harga ini diuntungkan karena kaya akan diesel dan fakta bahwa kapal-kapal tanker minyak yang datang ke Eropa dari Timur Tengah tertunda karena serangan-serangan militan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah. Gejolak ini telah menyebabkan para penyuling Eropa membeli minyak mentah dari sumber-sumber yang lebih dekat dengan mereka.

"Pasar fisik mulai menyadari bahwa gangguan di Laut Merah memang mengganggu aliran fisik dan Eropa membutuhkan lebih banyak dari yang mereka miliki saat ini," kata Viktor Katona, analis minyak mentah utama di Kpler.