Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi RI Tumbuh 5,05% di 2023, Runner-Up di ASEAN

Hidayat Setiaji
06 February 2024 10:50

Ilustrasi Bendera Indonesia (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Indonesia (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia membukukan pertumbuhan ekonomi 5,05 pada 2023. Melambat dibandingkan pencapaian 2022 yang sebesar 5,31%.

Sejumlah negara tetangga di Asia Tenggara sudah mengumumkan data pertumbuhan ekonomi sepanjang 2023. Di manakah posisi Indonesia?

Dari negara-negara ASEAN-6 yang sudah mengumumkan data pertumbuhan ekonomi, Indonesia berada di peringkat kedua, bersama Vietnam. Posisi teratas diduduki oleh Filipina dengan pertumbuhan ekonomi 5,6%.

Sumber: Tim Riset Bloomberg Technoz, diolah

Mengutip Bloomberg News, Menteri Ekonomi dan Pembangunan Nasional Filipina Arsenio Balisacan memperkirakan ekonomi negara pimpinan Presiden Ferdinand Marcos Jr alias Bongbong Marcos itu bisa tumbuh 6,5-7,5% pada 2024. Dengan begitu, posisi Filipina sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di ASEAN akan terjaga.

Grafik pertumbuhan ekonomi Filipina. (Sumber: Bloomberg)

Namun, inflasi dan suku bunga yang tinggi membuat ekonomi Filipina amat tergantung dari belanja atau konsumsi pemerintah. Sepanjang 2023, inflasi Filipina tercatat 6%, tertinggi di antara negara-negara ASEAN-6.

Sumber: Tim Riset Bloomberg Technoz, diolah