Logo Bloomberg Technoz

Cek Fakta Kecepatan Internet Indonesia Termasuk Paling Lemot

Dovana Hasiana
04 February 2024 22:12

Cover Cek Fakta Ganjar Debat Capres 4 Februari 2024 (Bloomberg Technoz)
Cover Cek Fakta Ganjar Debat Capres 4 Februari 2024 (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo menilai masih banyak permasalahan akses internet di Indonesia. Salah satu pemicunya adalah ketimpangan akses internet di seluruh daerah atau wilayah yang menimbulkan ketidakadilan atau tidak meratanya hak mendapatkan informasi. Cek fakta permasalahan akses internet di Indonesia.

Selain harga yang mahal, permasalahan akses internet di Indonesia juga termasuk kecepatan. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Indra Maulana mengakui kecepatan internet di Indonesia masih lambat atau lemot. Akan tetapi, pemerintah enggan meningkatkan batas kecepatan internet karena masyarakat lebih nyaman dengan harga paket yang murah, meski lemot. Padahal, Menteri Kominfo Budi Arie ingin menetapkan minimal kecepatan internet fixed broadband adalah 100 Mbps.

Berdasarkan data Speedtest Global Index, Indonesia tidak termasuk ke dalam 10 negara dengan kecepatan internet tertinggi di dunia. Indonesia saat ini memiliki kapasitas kecepatan internet broadband sebesar 25.45 Mbps. Sementara kecepatan internet seluler yang dimiliki lebih sedikit lagi, yaitu hanya 17.57 Mbps.

Dari data tersebut kecepatan internet Indonesia untuk jaringan seluler berada di posisi nomor 110 di antara 141 dunia. Sedangkan untuk kecepatan internet broadband, Indonesia berada pada peringkat 119 dari 178 negara. Indonesia hampir kalah dari sejumlah negara ASEAN lainnya. Bahkan Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam tercatat masuk daftar 10 besar internet tercepat.

10 Negara dengan Akses Internet Fixed Broadband Tercepat