Logo Bloomberg Technoz

Para pencinta lingkungan telah memohon kepada Pemerintah AS untuk melangkah lebih jauh dan menolak proyek ConocoPhillips, mengutip peringatan Badan Energi Internasional. Mereka beralasan bahwa dunia harus mengabaikan pengembangan ladang migas baru, demi menghindari konsekuensi terburuk dari pemanasan global dan beralih ke emisi nol bersih pada 2050.

Areal pertambangan migas di Arktik. (Sumber: Bloomberg)

Di sisi lain, penasihat senior Biden telah menandatangani persetujuan Willow—yang merupakan salah satu kebijakan lingkungan penting bagi Biden, yang berkampanye dengan janji untuk beralih dari bahan bakar fosil. 

Dia juga memberlakukan Undang-Undang Pengurangan Inflasi, sebuah aturan perikliman luas dengan anggaran lebih dari US$ 360 miliar untuk penggunaan energi bersih dan pembangunan manufaktur maju. 

Pembatasan izin baru di Cadangan Minyak Nasional-Alaska akan menggagalkan leasing migas baru pada masa depan di wilayah seluas lebih dari 13 juta acre (52.600 kilometer persegi) dengan cadangan seluas 23 juta acre, atau kira-kira seukuran negara bagian Indiana.

Pembatasan itu akan diperluas ke areal Danau Teshekpuk, yang menyediakan tempat berlindung yang aman bagi burung dan karibu; serta Dataran Tinggi Utukok, Sungai Colville, Laguna Kasegaluk, dan Area Khusus Teluk Peard, menurut pejabat administrasi.

Sekadar catatan, cadangan NPR-A digunakan untuk mengisi kebutuhan pasokan minyak sejak seabad yang lalu dan ConocoPhillips telah mengadakan sewa terkait dengan pengembangan Willow senilai US$ 8 miliar sejak 1999. 

Pada 2016, Presiden Barack Obama melarang leasing migas baru di sebagian besar perairan Arktik AS. Biden akan memperluas larangan tersebut dengan secara efektif menghapus bagian perairan federal yang tersisa di laut Chukchi dan Beaufort di utara Alaska dari penyewaan migas pada masa mendatang.

Pelestarian lanskap dan perairan Alaska “tidak tertandingi,” kata Athan Manuel, direktur program perlindungan lahan di Sierra Club. 

Namun, “manfaat dari perlindungan ini dapat dibatalkan secepat persetujuan proyek migas di lahan publik, dan saat ini, tidak ada proposal yang menimbulkan ancaman yang lebih besar terhadap tanah, satwa liar, masyarakat, dan iklim kita, daripada proyek Willow ConocoPhillips.”

Meskipun membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengalirkan minyak mentah, ConocoPhillips pada akhirnya mengharapkan dapat memproduksi 180.000 barel minyak per hari (bopd), atau sekitar 1,6% dari produksi AS saat ini. 

Selama jangka waktu 30 tahun, minyak dan gas yang dihasilkan dapat menghasilkan sekitar 280 juta ton emisi karbon dioksida.

Pendukung larangan pengeboran mengatakan bahwa minyak—yang diproduksi di bawah perlindungan lingkungan yang lebih kuat—akan membantu meningkatkan keamanan energi AS serta memberikan jalur kehidupan ekonomi di Lereng Utara Alaska.

(bbn)

No more pages