Logo Bloomberg Technoz

Korsel: Korut Mau Ubah Semenajung Korea seperti Timur Tengah

Redaksi
02 February 2024 17:50

Ilustrasilatihan militer bersama Amerika Serikat-Korea Selatan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasilatihan militer bersama Amerika Serikat-Korea Selatan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Unifikasi Kim Yung-ho mengatakan pada Jumat bahwa Korea Utara (Korut) mulai fokus pada provokasi dalam upaya nyata untuk mengubah Semenanjung Korea menjadi wilayah yang mirip dengan Timur Tengah, dengan risiko konflik militer yang konstan.

Korea Utara telah meningkatkan uji coba senjata di tahun baru, termasuk peluncuran rudal jelajah dari darat dan laut serta rudal hipersonik.

"Korea Utara tampaknya berniat untuk menjadikan (Semenanjung Korea) sebagai wilayah yang selalu berisiko konflik militer, seperti Timur Tengah," kata Kim dalam sebuah program radio. "Kita tidak boleh terjebak dalam skema Korea Utara."

Dia mengatakan dengan provokasi militer, Korea Utara tampaknya ingin memicu kegelisahan keamanan dan membuat masyarakat Korea Selatan terpecah belah menjelang pemilihan umum pada April.

Korea Utara menembakkan beberapa rudal jelajah di lepas pantai barat pada Selasa, yang merupakan uji coba ketiga dalam seminggu. Pyongyang juga menembakkan rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam Pulhwasal-3-31 pada Minggu.