Logo Bloomberg Technoz

Menteri Erick Rombak Direksi & Komisaris Bank BUMN Pekan ini

Whery Enggo Prayogi
13 March 2023 09:19

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berpidato (Twitter PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat berpidato (Twitter PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan merombak ulang direksi dan komisaris empat bank BUMN pada pekan ini. 

Keempat bank tersebut—PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN)—juga akan memutuskan sejumlah agenda; salah satu yang dinanti yaitu dividen atau persetujuan penggunaan hasil laba bersih.

Agenda itu dimulai dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), yang akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan pada Senin (13/3/2023), pukul 10:00. Bertempat di Kantor Pusat BRI Jl. Jenderal Sudirman Kav. 44—46, Jakarta Pusat.

“Sesuai Pasal 11 ayat (10) dan Pasal 14 ayat (12) Anggaran Dasar Perseroan, Direksi dan Dewan Komisaris diangkat dan diberhentikan oleh RUPS yang dihadiri serta dengan calon yang diajukan oleh Pemegang Saham Seri A Dwiwarna,” tulis manajemen Bank BRI dalam pernyataan tertulisnya, Senin (13/3/2023).

Sementara itu, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan melaksanakan RUPS Tahunan dan pergantian jajaran direksi dan komisaris pada Selasa (14/3/2023). Bank Mandiri juga meminta restu rencana pemecahan saham (stock split) dengan rasio 1:2 atau dari nilai nominal Rp 250 per saham menjadi Rp 125 per saham.