Logo Bloomberg Technoz

Ini 20 Keluarga Terkaya di Asia, Nomor 2 dari Indonesia

Muhammad Julian Fadli
01 February 2024 16:15

Michael Hartono. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Michael Hartono. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Daftar 20 keluarga terkaya di Asia berdasarkan data Bloomberg memunculkan kejutan baru. Kini, 1 perwakilan keluarga terkaya dari Indonesia yaitu Keluarga Hartono, Djarum Group berhasil menduduki peringkat 2 terkaya.

Berdasarkan Bloomberg Asia 20's Richest Families of 2024, kekayaan kolektif keluarga-keluarga terkaya di kawasan ini belum pernah mencapai sebesar kali ini yang menyentuh US$534 miliar, naik US$55 miliar sejak Maret 2023, didorong oleh pertumbuhan pesat di India yang telah memperkuat kekayaan Ambani, Mistry, Jindal, Birla, dan juga Bajaj.

Dari sekian jumlah keseluruhan yang fantastis tersebut, kekayaan Keluarga Hartono mencapai angka US$44,8 miliar atau yang setara dengan Rp707,97 triliun (Dengan kurs acuan Bank Indonesia (BI) yaitu Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor pada 31 Januari 2024 berada di posisi Rp15.803/US$).

Tak hanya menduduki peringkat 2 dari keluarga terkaya di Asia, kekayaan Keluarga Hartono ini juga berhasil unggul dari keluarga konglomerat asal Thailand-Charoen Pokphand Group, asal Taiwan-Cathay Financial Holdings Co. Ltd., dan juga unggul jauh dari keluarga pemilik Samsung asal Korea Selatan yang berada di peringkat 12.

Para konglomerat di atas, seringkali mewariskan kekayaan mereka kepada keturunan mereka, terutama jika bisnis tersebut telah matang dan bahkan dirintis bersama sejak awal berdiri.