Logo Bloomberg Technoz

Tepis Isu Menteri Mundur, Jokowi Klaim Kabinetnya Solid

Redaksi
31 January 2024 21:10

Ilustrasi Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah terjadinya perpecahan pada Kabinet Indonesia Maju yang memicu kabar rencana sejumlah menteri mundur. Perpecahaan ini diduga sebagai dampak dari polemik kekuasaan pada proses Pemilu 2024.

"Sangat solid," kata Jokowi dilansir Sekretariat Presiden, Rabu (31/1/2024).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengklaim dapat cerita dari sejumlah kadernya yang menjadi menteri. Dalam testimoni tersebut, para menteri berkisah perubahan suasana pada Kabinet Indonesia Maju.

Saat ini, Istana disebut menerapkan protokol keamanan baru yang mewajibkan menteri harus menjalani pemeriksaan yang lebih ketat sebelum bertemu presiden di Rapat Kabinet Terbatas atau pun Sidang Paripurna. Hal ini memancing anggapan mulai tak percayanya Jokowi dengan para menterinya sendiri.

Selain itu, keberpihakan Jokowi pada Pemilu 2024 juga disebut semakin mempertajam pembagian kelompok di internal Kabinet Indonesia Maju. Hal ini semakin membuat suasana kerja di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut tak nyaman.

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 9 Januari 2024. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)