Logo Bloomberg Technoz

Utang Pinjol Bayar UKT, Mirip Student Loan AS Tapi Tak Sama

Azura Yumna Ramadani Purnama
30 January 2024 21:00

Ilustrasi Pinjol Untuk Biaya Pendidikan Perguruan Tinggi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Pinjol Untuk Biaya Pendidikan Perguruan Tinggi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia tidak mengenal kredit pendidikan, seperti yang lazim hadir sebagai program pemerintah negara-negara maju. Meski begitu, terdapat  program mirip student loan namun tidak sepenuhnya sama.

Di Indonesia perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending, termasuk oleh PT Inclusive Finance Group atau Danacita, menawarkan pembiayaan pendidikan. Layanan yang kemudian ramai usai postingan sebuah akun di media sosial X.

Jika di Amerika Serikat (AS) stundent loan merupakan instrumen program pemerintah, Indonesia menetapkannya sebagai layanan bisnis. Pada Danacita misal, menjaring puluhan perguruan tinggi dan akademi dalam penyediaan fasilitas. Mahasiswa yang kesulitan membayar uang kuliah atau UKT, bisa mengajukan permohonan pinjaman dana lewat perusahaan pinjol. 

Danacita menyediakan skema, yang jika permohonan disetujui, perusahaan akan membayarkan langsung biaya pendidikan ke kampus atau institusi maksimal tiga hari kerja sejak pengajuan online mendapatkan persetujuan. Syarat yang diperlukan adalah kartu identitas KTP, bukti tagihan, dan rekening koran satu bulan terakhir.