Logo Bloomberg Technoz

Januari, Penjualan Obligasi Korporasi AS Tembus Rekor Rp3 Ribu T

News
30 January 2024 06:05

Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)

Caleb Mutua - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan-perusahaan blue-chip telah menjual obligasi senilai US$188,57 miliar (sekitar Rp2.984,13 triliun) di Amerika Serikat (AS) pada Januari, yang merupakan rekor tertinggi pada bulan tersebut. Tren tersebut terjadi seiring dengan upaya perusahaan-perusahaan tersebut mengambil keuntungan dari penurunan bunga utang jangka panjang.

Penjualan obligasi korporasi AS tersebut memecahkan rekor sebelumnya pada Januari yaitu sekitar US$175 miliar, yang dicapai pada 2017, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg News. Lebih banyak penjualan mungkin akan terjadi pada akhir bulan ini, kata para profesional sindikat obligasi Wall Street.

“Kita bisa dengan mudah melihat penjualan sebesar US$200 miliar bulan ini,” kata Jonny Fine, kepala sindikat utang tingkat investasi di Goldman Sachs Group Inc.

International Business Machines Corp, Capital One Financial Corp dan Kinder Morgan Inc termasuk di antara perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan pasar padaSenin. Sekalipun ini merupakan Januari paling aktif yang pernah tercatat, bulan ini masih kalah dibandingkan dengan bulan paling aktif secara keseluruhan untuk penjualan obligasi, yakni pada bulan April 2020 sebesar US$285 miliar.

Penjualan surat utang blue-chip di AS./dok. Bloomberg