Logo Bloomberg Technoz

Sejak OpenAI merilis ChatGPT lebih dari setahun yang lalu, minat terhadap aplikasi AI ini makin tinggi. Hal yang memacu permintaan besar-besaran untuk daya komputasi dan prosesor yang dibutuhkan untuk membangun dan menjalankan program-program AI tersebut.

Sam Altman telah berulang kali mengatakan bahwa cip yang ada saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan perusahaannya. Tidak jelas apa tujuan perjalanan Altman ke Korea. 

Sam Altman telah berupaya mengumpulkan miliaran dolar untuk mendirikan jaringan pabrik untuk memproduksi semikonduktor, Bloomberg News melaporkan bulan ini. Samsung telah mengembangkan bisnis foundry, yang memproduksi cip sesuai dengan desain pelanggannya. 

Perwakilan Samsung dan SK Hynix menolak berkomentar. Perwakilan OpenAI belum menanggapi permintaan komentar.

Korea Selatan adalah pemimpin dalam produksi cip kelas atas, mendominasi pasar bersama Taiwan.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) adalah pemain foundry terkemuka di dunia, membuat cip untuk pihak-pihak seperti Apple Inc dan Nvidia Corp.

Pemerintah Korea bulan ini menguraikan sebuah cetak biru yang melibatkan investasi sebesar 622 triliun won  atau sekitar US$466 miliar (sekitar Rp7.223 triliun) dari sektor swasta pada tahun-tahun menjelang 2047.

Mereka akan menggunakan dana tersebut untuk membangun 13 pabrik cip baru dan tiga fasilitas penelitian, di atas 21 pabrik yang sudah ada. Membentang dari Pyeongtaek hingga Yongin, area ini diharapkan menjadi yang terbesar di dunia, dan mampu memproduksi 7,7 juta wafer setiap bulannya pada tahun 2030.

Dua pembuat cip memori terbesar di dunia sedang mencoba membangun pabrik tercanggih mereka di dalam negeri. Samsung bertaruh besar pada ekspansi foundry sebagai bagian dari investasi senilai 500 triliun won pada tahun 2047. SK Hynix berencana berinvestasi 122 triliun won untuk memori di Yongin pada periode yang sama.

(bbn)

No more pages