Logo Bloomberg Technoz

United Lanjutkan Penerbangan Jet Boeing 737 Max 9 Mulai Hari Ini

News
28 January 2024 18:33

Boeing Max 9. (Sumber: Bloomberg)
Boeing Max 9. (Sumber: Bloomberg)

Victoria Cavaliere - Bloomberg News

Bloomberg, United Airlines Holdings Inc bersiap untuk melanjutkan layanan beberapa pesawat Boeing Max 9 mulai hari Minggu, beberapa minggu setelah jet-jet tersebut dikandangkan menyusul meledaknya sumbat pintu di udara selama penerbangan Alaska Airlines.

Dalam sebuah surat kepada karyawan, United mengatakan bahwa mereka telah menerima persetujuan akhir dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) untuk menyelesaikan proses pengembalian armada Max 9 ke layanan setelah "proses pemeriksaan menyeluruh." United adalah salah satu pelanggan terbesar Boeing.

FAA minggu ini menyetujui prosedur inspeksi yang harus dilakukan maskapai penerbangan untuk melanjutkan penerbangan menggunakan Max 9. Pesawat-pesawat tersebut dikandangkan setelah insiden 5 Januari, di mana panel meledak dari sebuah jet di tengah penerbangan, meninggalkan lubang menganga di badan pesawat. Regulator juga telah meningkatkan pengawasan terhadap manufaktur perusahaan.

Alaska Airlines telah memulai kembali menerbangkan Max 9, Boeing mengatakan kepada para karyawannya pada Jumat, dan menambahkan bahwa Aeromexico dan Turkish Airlines, serta United, akan mengembalikan pesawat mereka dalam beberapa hari mendatang.