Logo Bloomberg Technoz

Evergrande Hadapi Risiko Likuidasi Baru dalam Sidang Pembubaran

News
28 January 2024 16:00

Pengembang Properti China Evergrande di Nanjing (Sumber: Bloomberg)
Pengembang Properti China Evergrande di Nanjing (Sumber: Bloomberg)

Pearl Liu - Bloomberg News

Bloomberg, China Evergrande Group sekali lagi akan mencoba menangkis likuidasi pada sidang pengadilan di Hong Kong pada Senin.

Delapan minggu setelah pengembang properti yang sarat dengan utang ini memenangkan penangguhan hukuman yang mengejutkan dalam gugatan hukum yang telah berlangsung lama, Evergrande telah membuat sedikit kemajuan untuk mencapai kesepakatan restrukturisasi dengan para kreditur.

Setiap perintah untuk membubarkan Evergrande, yang memiliki kewajiban sekitar $327 miliar, kemungkinan akan mengirimkan riak melalui sistem keuangan China di saat para pembuat kebijakan mencoba membendung kekalahan pasar saham. Hal ini juga akan semakin melemahkan kepercayaan terhadap industri perumahan, yang berada dalam kemerosotan terus-menerus yang menyeret negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Selain kasus yang dijadwalkan untuk disidangkan pada pukul 9.30 pagi, Hakim Linda Chan akan mengadakan sidang yang jarang terjadi mengenai kemungkinan "perintah pengaturan" pada pukul 2.30 siang, menurut informasi di situs web peradilan kota. Perintah tersebut berarti pengadilan akan mengatur proses pembubaran, yang berpotensi termasuk menunjuk likuidator.