Logo Bloomberg Technoz

Reaksi Bapanas Usai Viral Beras Bulog Berstiker Paslon 02

Dovana Hasiana
26 January 2024 18:10

Sidak Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi ke Pasar Palmerah, Jakarta Barat untuk memantau harga daging ayam ras pada Selasa (27/6/2023)./Dok. Bapanas
Sidak Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi ke Pasar Palmerah, Jakarta Barat untuk memantau harga daging ayam ras pada Selasa (27/6/2023)./Dok. Bapanas

Bloomberg Technoz, Jakarta – Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan tidak pernah menggunakan atribut politik dalam kemasan beras untuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), mulai dari proses produksi hingga distribusi. 

Pernyataan ini dilontarkan usai beredar gambar di sosial media yang menunjukan stiker pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, melekat pada beras yang dijual Perum Bulog (Persero) tersebut.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan Bapanas dan Bulog hanya menggunakan logo dari masing-masing institusi, baik dalam proses produksi hingga distribusi ke outlet resmi yang terdata. Namun, Bapanas tentu tidak bisa mengontrol beras tersebut usia dibeli oleh pembeli.

“Kita mana paham, keluarnya juga tidak ada logo [paslon 02], besoknya kalau ditempelin gambar paslon lain, atau ditempel gambar boyband BTS, kita tidak paham,” ujar Arief saat dihubungi, Jumat (26/1/2024). 

Beras Bulog berstiker paslon. (Tangkapan Layar via X @Miduk17)

Arief mengatakan Bapanas dan Bulog justru hanya menggunakan logo dan atribut dari masing-masing institusi untuk menunjukan adanya transparansi. Dengan demikian, beras SPHP bakal mudah terdeteksi ketika terdapat upaya penyelewengan.