Logo Bloomberg Technoz

Kemenko Perekonomian: Pemilu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi RI

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 January 2024 16:10

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024. (Youtube PerekonomianRI)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024. (Youtube PerekonomianRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian memperkirakan momentum pemilihan umum (Pemilu) 2024 akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, berdasarkan pengalaman periode Pemilu sebelumnya, aktivitas ekonomi dalam negeri meningkat, melalui belanja pemerintah dan belanja konsumsi lain, terutama Lembaga Non-profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT).

“Secara historis momentum aktivitas Pemilu, yakni pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif, baik dari sisi pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) riil kita hitung satu sampai tiga kuartal sebelum dan sesudah, komponen naik. Juga terkait konsumsi LNPRT, karena organisasi massa politik di sana,” ujarnya dalam acara Outlook Economy 2024, di kawasan Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Selain itu, ia juga mengatakan aktivitas Pemilu juga akan menumbuhkan PDB riil dan meningkatkan perputaran jumlah uang beredar atau M2. Dengan catatan, stabilitas politik harus terjaga pada momen kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden tersebut.

“Juga dari ukuran money supply (suplai uang) kita, M2 berarti sudah memperhitungkan tabungan deposito dan dana pasar uang, M2 juga confirm pada siklus 5 tahunan memasuki siklus pemilu dan setelahnya justru sangat positif terhadap ekonomi kita,” katanya.